Sabtu, 08 Januari 2011

Membangun IP TV (Internet Protocol Television)

Wah … ngomongin IPTV (Internet Protocol Television) dah dua tahun yang lalu … kini Indonesia dah rame mulai persiapan memindahkan TV analog ke era TV Digital dengan menggunakan teknologi IPTV (Internet Protokol Televisi ) . Jadi Inget ama VOIP . Tapi ini mungkin agak berbeda , tapi bang Nasrul Coba uraikan sedikit tentang IPTV digital walaupun bang Nasrul bukan tenaga ahlinya .
Nah sebenarnya kalo cuma buat satu wilayah misalnya satu kecamatan bisa kita bangun stasiun IPTV Digital , caranya ya pake sistem Networking Wide Area Network dengan mengandalkan teknologi WIFI, Nah caranya gampang banget tuh.

Di lokasi Stasiun IPTV Digital yang didaearah , terdapat jaringan WIFI , yang jelas IP yang didapat adalah jaringan LAN ( Local Area Network) jadi ya agak kenceng lah trasfer bitrate , bisa mencapai 1 Mbps , apalagi kalo pake sistem LAN dengan menggunakan sistem Kabel , bisa mencapai 100 Mbps. Nah kalu jaringan dah ada , tinggal lakukan Pemetaan IP deh , yang jelas IP yang terdapat di Stasiun IPTV Digita local kita dapat di baca oleh sistem jaringan yang kita miliki. Contohnya kita pake klass IP C jadi kita anggap bahwa Stasiun IPTV yang kita bangun punya IP 192.168.1.2.

Kebutuhan untuk Stasiun IPTV Digital kita adalah perangkat encoder Video /Audio , dan perangkat Server Streaming.
Yang dimaksud dengan Perangkat Encoder Video dan audio adalah untuk sumber Video dan Audio untuk siaran TVnya , nah biasanya pada Camera Video yang kita gunakan biasanya terdapat Jack AV yaitu untuk output Video dan Audio . nah pada bagian ini disambungkan pada Card Video dan Card Audio yang kita miliki pada PC komputer yang akan dijadikan mesin encoder . Untuk merk Card Video dan Card Audio bisa anda sendiri dengan kocek anda.

Ok , setelah di set , sekarang anda akan melakukan pengambilan gambar dan suara melalui PC Komputer yang dijadikan sebagai encoder , dan anda tinggal memilih sistem encoder yang anda pergunakan. Disini Bang Nasrul Ngasih contoh menggunakan Real Producer ver 11 , jadi nantinya protokol yang digunakan adalah protokol RTSP .

Kemudian anda lakukan Encoding dengan menggunakan Real Producer dengan pilihan sistem Push Encoding , dari pc komputer encoder anda menuju Server Streaming anda. Contohnya anda mempush pada server streaming dengan IP 192.168.1.2 , dan memberikan path /live.rm .
Selajunya adalah server streaming , anda dapat menggunakan Helix Server Unlimited yang licensenya 30 Hari , silahkan anda install baik under Linux maupun Microsoft Windows . Caranya installnya cari deh di Internet. Ok Setalah anda sudah install dan setting server streamingnya , berarti sistem push dari PC encoding anda dapat berjlan dengan baik .

Nah buat nontonnya IPTV tersebut , di Jaringan LAN yang kita miliki dapat mengaksesnya menggunakan Real Player , kemudian masukan alamat URLnya adalah rtsp://192.168.1.2/broadcast/live.rm … nah jadi deh IPTV digital , nah kalau ada Set Top Box IPTV lebih enak tuh … jadi dapat langsung nonton di TV , gak dikomputer lagi ….

Gimana yah Set Top Box IPTV …. IPTV STB itu …. wah pasti isinya ada LINUXnya … he he he he

Nah kini bang nasrul punya ide … dari Tulisan ngebangun IPTV Digital , kini bang Nasrul Pengen bikin Set Top Box IPTV dengan basis Linux , cuma sayang bang Nasrul Gak Punya Biaya … ada yang mau bantu ?

Ok gambaran STB IPTV linux yang dibangun sama bang Nasrul sebenarnya sangat sederhana , yaitu sebenarnya merubah pc komputer jadi STB IPTV , yang jelas cuma aplikasi nerima streaming dari video server streaming yang selanjutnya outputnya ke TV , bukan lagi ke Display / Monitor VGA ataupun LCD Komputer .
Isi STB tentunya ada Kernel Linux, Untuk baca Hardware LAN Card , Sound Card dan Video Card ( AV) . Nah ada aplikasi Gui yang berisi cuma Browser dan Media Player .

Nah untuk mendapatkankan IP tentunya dengan sistem DHCP server , jadi gak usah repot setting ip Address , setalah dapat nah di layat TV itu yang keluar adalah browser yang berisi link atau tombol untuk alamat url streaming . Nah pada saat URL terebut di klik atau ditekan melalui remote control , secara otomatis yang dipanggil adalah Media Player yang cocok dengan protokol dan Codex yang digunakan . Sederhana khan STB IPTV itu …. ada perusahaan yang berminat bantuin bang Nasrul Bikin STB IPTV , Kalo untuk aplikasi Video Server Streaming bang Nasrul dah punya … mau lihat contoh ondemand bisa buka di http://nasriyatul.web.id atau emang ada perusahaan yang mau bikin IPTV Digital boleh hubungi bang Nasrul deh ….

5 komentar:

fyanka ginanjar mengatakan...

mas boleh minta email, mau tanya tanya mengenai IPTV, berkenaan dengan tugas akhir saya

Devida Rahmat mengatakan...

Mintq nmr hp nya mas? Saya tertarik..

Devida Rahmat mengatakan...

Mintq nmr hp nya mas? Saya tertarik..

Fitri Ramlan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fitri Ramlan mengatakan...

mas, boleh minta emailnya?

Poskan Komentar