Senin, 24 Januari 2011

Mengurangi Memory Usage Pada Mozilla FireFox

Sebagai pengguna Mozilla Firefox, tentunya kita sudah percaya akan keamanan, kecepatan dan kehandalan browser yang satu ini dalam menjelajahi dunia maya. Karena dengan dukungan komunitas dunia maya yang besar, sehingga Mozilla Firefox menjadi satu-satunya Browser Internet terpopuler versi 2008.

Tapi, seiring perkembangan dan update yang dilakukan Mozilla Firefox untuk memutakhirkan perangkat dari performance sampai addons-nya, terkadang menghambat proses atau kinerja dari sistem operasi kita, terutama bagi pengguna Windows. Perlu kita ketahui bahwa default instalasi mozilla (firefox/thunderbird) memakan size memory usage sistem operasi yang cukup besar, sehingga pada saat firefox dijalankan bersamaan dengan program lain (akan memakan memory yang cukup besar), maka tentunya akan sering terjadi hang-up yang tidak akan kita inginkan, apalagi kalau sampai End Task Program.

Singkatnya, ikuti langkah-langkah berikut :

* Bersihkan History Download

Setiap file/data yang di-download oleh firefox akan meninggalkan file temporary berupa history download. Membiarkan history download di firefox akan sangat menyita memori, sehingga memperlambat kinerjanya.
Cara membersihkannya, ikuti langkah berikut:

1. Buka firefox, kemudian click Tools->Options
2. Kemudian pada tab menu Privacy unchek/hilangkan tanda chek pada opsi “Remember what I’ve downloaded“. click OK.


* Menghemat penggunaan memori pada saat Firefox di Minimize

1. Pada console konfigurasi firefox, click-kanan disembarang tempat, kemudian pilih New->Boolean
2. Kemudian ketikkan config.trim_on_minimize dan click OK.
3. Pilih opsi True pada kotak dialog nilai boolean dari config.trim_on_minimize. kemudian click OK.
4. Terakhir kita Restart Firefox.


* Ubah konfigurasi Cache Memory pada Firefox

Secara default, firefox menggunakan memori dari sistem operasi untuk menangani cache-nya, maka hal ini jelas memperlambat kinerja sistem kita, untuk itu kita akan merubah sedikit konfigurasi memori firefox agar menggunakan memory cache program. Berikut akan diuraikan langkah-langkahnya:

1. Buka firefox, kemudian ketikkan about:config pada Address bar.
2. Jika muncul layar. Click tombol I’ll be careful, I promise.
3. Jika console konfigurasi firefox sudah muncul, maka ketikkan browser.cache.memory.enable pada kotak Filter: dan pastikan bahwa sintak ini bernilai TRUE (value: true).
4. Kemudian kita tambahkan satu sintak untuk menentukan besarnya jumlah cache memory yang akan digunakan untuk menjalankan firefox. Caranya: Click-kanan pada sembarang tempat, kemudian pilih New->Integer.
5. Isi dengan mengetikkan sintak browser.cache.memory.capacity, kemudian OK.
6. Kemudian kita harus mengisi nilai (value) dari sintak yang baru dibuat tadi dengan menentukan besarnya ukuran memori yang akan diberikan untuk firefox. Contoh: Ram 2giga, set value 45056; Ram 4giga, set value 59392.
7. PENTING: Jika kita ingin mengembalikan nilai cache memory ke konfigurasi semula/men-disable sintak browser.cache.memory.capacity ini, maka cukup isikan -1 (minus 1) pada nilai/value sintak tersebut.
Always With US BeaCheater

0 komentar:

Poskan Komentar