Jumat, 14 Januari 2011

Trik Download Cepat Dengan Torrent

Welcome Back With US BeaCheater

Suatu saat saya pernah inslall UTorrent, sebuah program Bit-Torrent yang sangat ringan dan bekerja dengan baik. Awalnya saya sangat heran kenapa download saya ngga pernah beranjak dari 10KB/sec. Tapi saya tetep ngga hiraukan hal ini, yang jelas setelah beberapa kali download saya tetep biarkan lokasi file di

tempat yang sama. Otomatis program UTorrent akan memposisikan saya sebagai seeder. Beberapa hari kemudian saya lumayan kaget bercampur senang ketika melihat download speed saya bisa mencapai 65KB/sec! Itung-itung hampir setara dengan direct download (download langsung) dari situs besar seperti Symantec.com atau download standar dengan download manager dengan koneksi speedy 1 line. Bahkan seorang temen bisa menembus angka 100KB/sec.. Dalam tulisan ini saya akan memaparkan bagaimana saya bisa meningkatkan kecepatan download hingga sekian kali lipat.
Jika mengingat kesamaan yang terdapat pada beberapa program torrent, saya juga berpraduga bahwa rahasia ini juga berlaku bagi program Torrent yang lain. Tentang setting dan tutorialnya, Anda bisa melakukan analogi dan konversi ke menu setting program Torrent yang Anda gunakan.

Yang perlu diingat, ini semua bukan harga mati karena semua berdasar pada pengamatan saya terhadap beberapa hal terkait dengan torrent. Tidak ada jaminan jika Anda melakukan hal yang sama persis disini akan meningkatkan kecepatan download Anda. Yang jelas ini sudah saya buktikan sendiri dan dari dasar itulah saya menulis. Namun sebelumnya pastikan koneksi Anda berjalan dengan baik, setting network dan port semuanya baik-baik saja.

Seeding, Seeding, Seeding
Kunci utama untuk mendapatkan peningkatan kecepatan download dengan torrent adalah dengan Seeding. Biarkan file yang sudah Anda download di tempat semula. Atau jika Anda perlu memindahkan file tersebut, copy saja ke tempat yang baru. Harddisk sekarang sudah lumayan besar untuk dapat menampung file yang sama dalam beberapa kopi sekaligus.

Menurut pengamatan saya, uTorrent memiliki semacam Sistem Kredit Internal yang tertanam dalam program/database pusat Torrent. Lalu apa Sistem Kredit yang kita bicarakan di sini? Sistem ini merupakan sebuah program yang mencatat data transaksi download dan upload yang telah kita lakukan. Ada peraturan dasar yang diterapkan pada tiap byte yang Anda download/upload. Misalnya begini, Anda harus sudah melakukan upload sebesar 1.5 MB untuk dapat melakukan download 1MB. Dengan demikian rasio yang digunakan untuk melakukan download dibanding upload adalah 2:3. Ini merupakan standar yang masih masuk akal bagi para uploader dan downloader. Ingat, ini adalah angka minimal..

Dengan meningkatkan rasio download:upload Anda akan meningkatkan secara drastis kecepatan donwload Anda. Ingat bahwa setiap kali Anda selesai download, sisakan waktu untuk melakukan seed minimal untuk memenuhi rasio 2:3. Ini akan membantu komunitas Bit-Torrent. Jangan hanya jadi beban bagi orang lain. Oke, kembali ke skenario awal.
Download File dulu, baru Seeding
image torrentSaya lebih suka mendownload file dulu, kemudian melakukan seeding kemudian. Akan lebih mudah jika saya set upload speed menjadi 3KB/Sec sehingga proses download bisa lebih cepat. Saya pakai koneksi speedy yang katanya bisa mencapai 1MBps Download dan 128Kbps Upload. Semakin banyak alokasi untuk upload speed, semakin lambat download yang bisa kita lakukan. Mungkin ini masalah yang paling sering dialami para downloader. Bagaimana cara mengoptimalkan ini?
Begini caranya, setiap kali Anda memulai download sebuah torrent, pastikan upload speed Anda di atas 20KB/sec. Biarkan setting ini bertahan hingga minimal satu jam. Ketika Rasio Anda sudah mencapai 1:1, turunkan upload speed menjadi 8KB/sec atau lebih. Saya merekomendasikan 10KB/sec. Ini akan menunjukkan kepada UTorrent dan tracker bahwa Anda adalah seeder yang potensial sehingga mereka akan memberikan bandwith lebih bagi Anda. Setelah beberapa jam periksa lagi torrent tersebut, kecepatan Anda akan meningkat drastis. Jika tidak ada perubahan, bisa jadi torrent Anda tidak terlalu populer, atau metode saya ini yang keliru.

Jangan lupa, Seeding Kemudian
Ingat untuk selalu melakukan seeding setelah torrent selesai Anda download.
Seeding akan membantu sebuah torrent tetap hidup. Anda bisa mendownload torrent karena ada orang lain yang melakukan seeding kepada Anda. Ingat hal ini! Jangan hanya mengambil tapi juga beri sesuatu kepada komunitas. Anda berikan 1,5 kali lipat apa yang anda dapat dan Anda akan dapatkan kecepatan download yang optimal. Saya menyarankan jika Anda selesai melakukan 3 kali download file torrent, biarkan file tersebut tetap berada di tempatnya selama satu malam dan set upload speed Anda ke posisi maksimal. Kemudian ulangi setiap kali 3 kali download berikutnya. Dengan demikian Anda Akan mendapatkan file yang Anda butuhkan dengan cepat sekaligus memberikan hak kepada komunitas dengan fair.

Saya juga temukan link penghitung setting kecepatan download Torrent disini. Tool simpel ini akan membantu Anda menemukan setting optimal ketika melakukan download via Torrent.

Jadilah seeder dan leecher yang baik. Jangan hanya mengambil, tapi berikan apa yang Anda punya kepada komunitas sebagai imbal balik terhadap apa yang mereka berikan kepada Anda. Dengan cara ini Anda juga membantu kelangsungan hidup Toorent. Seeding adalah kunci utama dalam menggunakan Bit-Torrent. Saya berharap tulisan singkat ini dapat membantu meningkatkan kecepatan download Anda. Seorang teman telah selesai mendownload film dengan total 35 GB kurang dari 1 minggu. Ini lebih dari sekedar bukti.. Selamat mencoba..
Always With US BeaCheater

0 komentar:

Poskan Komentar