Selasa, 25 Januari 2011

Waspadai Antivirus Palsu via Goo.gl di Twitter


Jakarta - Kepopuleran sebuah situs secara otomatis akan menarik minat para pelaku kejahatan cyber untuk membidiknya. Demikian juga halnya Twitter dan para penggunanya, tak luput dari sasaran penyebar malware dan virus.

Graham Cluley dari Sophos memaparkan, virus tersebut dikirim melalui penyingkat URL goo.gl. Pengguna digiring agar membuka tautan aplikasi antivirus palsu yang sejatinya adalah virus itu sendiri.

"Ribuan tweeps menemukan bahwa akun mereka memposting tautan berisi program jahat tanpa seizin mereka. Ini menandakan adanya serangan dari anti virus palsu tersebut," kata Cluley seperti dikutip detikINET dari PC World, Selasa (25/01/2011).

Disebutkan Cluley, serangan program jahat yang disampaikan melalui tautan menggunakan penyingkat URL bukanlah sesuatu hal yang baru. Layanan penyingkat URL seperti goo.gl dan bit.ly kerap dipakai pengguna Twitter karena bisa memangkas jumlah karakter tweet.

Ini menjadi ladang menarik bagi para pelaku kejahatan cyber untuk memanfaatkannya dalam menyebarkan malware atau virus. Terlebih lagi, dengan banyaknya jumlah pengguna Twitter, akan sangat menguntungkan bagi mereka untuk mendapatkan korban dalam jumlah banyak sekali bidik.
Always With US BeaCheater

0 komentar:

Poskan Komentar