Minggu, 09 Januari 2011

FaceBook Segera Go Public

Situs jejaring sosial Facebook akan mulai membuka informasi finansialnya untuk menuju initial public offering (IPO) pada April 2012, seperti yang tertulis dalam memo setebal 100 halaman yang didistribusikan kepada calon investor. Menurut perusahaan jejaring sosial paling populer itu dokumen tersebut diedarkan agar tidak terjadi pelanggaran. Sebab, jumlah pemegang saham Facebook sudah mendekati ambang batas yang diizinkan tahun ini, yakni 500 pemegang saham.

Jika angka tersebut dilanggar, Komisi Securities dan Exchange berhak meminta kepada perusahaan tersebut untuk memberikan informasi finansial secara terbuka, meski sahamnya tidak dijual belikan di lantai bursa.

Keinginan Facebook tersebut sempat membuka debat panas. Sebab, pekan lalu, Facebook menawarkan saham secara tertutup kepada beberapa investor melalui Goldman Sachs Group.

Beberapa investors bertanya-tanya apakah kesepakatan dengan Goldman adalah untuk menghindari kemungkinan terjadinya pelanggaran tersebut. Tapi dengan adanya dokumen tersebut kini jelas bahwa Facebook akan go public pada 2012.

Sejauh ini belum ada komentar dari pihak Facebook maupun Goldman Sachs. Facebook memiliki 120 hari untuk mendaftar sebagai salah satu perusahaan yang akan segera go public, setelah jumlah pemegang sahamnya mendekati ambang batas.


Sumber : www.tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar