Minggu, 09 Januari 2011

Bebas Dari Penjara Gara-Gara Internet

Kisah yang menimpa seorang pria dari Cina ini, ibarat sebuah sinetron. Ia dijebloskan ke penjara selama lebih dari 14 tahun akibat membocorkan praktek korupsi di daerahnya kala itu.Guo Yuanrong ditahan di Rumah Sakit Jiwa DMC Maojian, setelah mengungkapkan kasus korupsi yang dilakukan oleh pemimpin di Biro Pembangunan Zhuxi County. Beruntung, berkat kecanggihan teknologi seluruh orang merasa iba dengan penderitaanya, hingga akhirnya Guo dibebaskan.

Hal itu terjadi saat anaknya mengumumkan keadaan ayahnya, Guo Hanyun, di internet. Seperti dilansir situs Xinuhua, Jumat (7/1), remaja tersebut menuliskan di internet, "Tolong, ayah saya ditahan di rumah sakit jiwa selama 14 tahun." Postingan itu tiba-tiba menarik simpati dari seluruh orang yang membaca postingan tersebut. Hanya dalam beberapa hari, lebih dari 6.200 balasan datang.

Dalam postingan itu juga dijelaskan, keluarga Guo mencoba berulang kali untuk membawa Yuanrong pulang dari rumah sakit jiwa. Tapi gagal tanpa persetujuan dari biro keamanan publik di kabupaten itu.

Media langsung mengabarkan pemberitaan ini secara besar-besaran. Bahkan, kasus ini pun telah dilaporkan kepada pemerintah. Tiga hari setelah posting menyebar ke seluruh jaringan online, Guo Yuanrong, dibebaskan dari rumah sakit jiwa. Luar biasa.

0 komentar:

Poskan Komentar